a Cara menanam kentang dengan mudah dan murah di rumah sendiri | Pertanian Sukses

Kentang merupakan makanan pokok yang bergizi, dan jika Anda makan itu, akan lebih baik jika Anda menanam itu sendiri. Hasil pertanian kentang sendiri jauh lebihberaroma daripada kentang yang dijual di toko kelontong. Tanaman yang sama akan menghasilkan berukuran penuh kentang baru, dan Anda mungkin akan memiliki cukup banyak kentang untuk berbagi dengan tetangga. Baca terus untuk mengetahui waktu terbaik tahun untuk tanaman kentang, bagaimana untuk menciptakan lingkungan yang mereka butuhkan, dan bagaimana untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penuaianmu kentang.
Metode 1 dari 4: Melakukan Persiapan untuk Menanam Kentang
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 11
Cari tahu waktu terbaik untuk menanam kentang di daerah Anda. Kentang tumbuh dengan baik di cuaca yang dingin, tetapi mereka tidak boleh berada di dalam tanah ketika terjadi embun beku (frost).
Jika Anda tinggal di daerah yang dingin, tanam kentang setelah embun beku pertama di musim semi.
Jika Anda tinggal di daerah yang lebih hangat yang tidak memiliki masalah dengan embun beku, tanam kentang di musim gugur, karena kentang mungkin akan terlalu panas selama musim panas.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 22
Pilih tempat penanaman untuk kentang Anda. Kentang adalah umbi yang tumbuh di bawah tanah dengan tangkai daun hijau membentang di atas tanah. Pilih sebuah tempat di halaman Anda dengan kualitas sebagai berikut:
Sinar matahari penuh. Meskipun kentang tidak boleh mendapatkan panas yang berlebihan, mereka membutuhkan banyak sinar matahari. Pilih area yang mendapat sinar matahari di hampir sepanjang hari.
Tanah liat yang gembur. Kentang suka tumbuh di gundukan, yang nanti akan Anda buat dengan membentuk tanahnya. Tanah berbahan dasar lempung tidak terlalu baik untuk ditanami kentang.
Area dengan drainase yang sangat baik. Kentang tidak boleh ditanam di tanah yang tergenang air, karena bisa menyebabkan mereka membusuk. Pilih area di halaman yang memiliki drainase yang baik, dan pastikan tanahnya tidak terlalu basah ketika tiba saatnya untuk menanam kentang.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 33
Cari bibit kentang. Bibit kentang adalah kentang yang telah bertunas. Anda dapat memesan bibit kentang bersertifikat atau membelinya di toko peralatan pertanian di daerah Anda.
Jangan menggunakan kentang dari toko bahan makanan, karena mereka dapat membawa penyakit yang akan mempengaruhi tanaman Anda.
Pilih varietas kentang yang Anda sukai. Varietas berikut ini adalah pilihan yang populer untuk para pekebun rumahan:
Kentang emas Yukon, yang siap dipanen di pertengahan musim.
Kentang Super, yang siap dipanen di pertengahan musim.
Kentang Red Pontiac, yang siap dipanen di akhir musim.
Kentang Kennebec, yang siap dipanen di pergantian musim.
Metode 2 dari 4: Menanam Kentang
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 41
Siapkan bibitnya. Sekitar seminggu sebelum Anda berencana untuk menanam kentang, tempatkan bibitnya di tempat yang hangat dan cerah di rumah Anda. Ini akan membantu mereka untuk mulai bertunas dan membuat mereka siap untuk ditumbuhkan menjadi tanaman kentang.
Beberapa hari sebelum ditanam, potong bibit yang besar menjadi beberapa potongan yang berukuran 3,8 cm. Setiap potongan harus berisi dua mata tunas. Bibit yang berukuran kecil dapat ditanam secara utuh.
Jika bibitnya dalam kondisi baik, sebuah kalus tebal akan terbentuk di atas bekas potongan untuk melindungi mereka setelah kentang tersebut ditanam.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 52
Siapkan tanahnya. Olah tanahnya di petak penanaman kentang Anda dengan menggunakan alat-alat berkebun untuk membalik tanahnya serta menghilangkan batu dan akar. Jika tanahnya sudah bagus dan gembur, maka:
Campurkan beberapa kompos organik untuk membuat tanah tersebut cocok untuk kentang.
Buat baris. Gali sebuah parit selebar 10,2 cm dengan kedalaman 15,2 cm, kemudian buat parit kedua dengan ukuran yang sama dengan jarak beberapa puluh sentimeter dari parit pertama.
Buat gundukan. Jika Anda tidak memiliki ruang untuk membuat baris, Anda dapat menanam kentang di gundukan. Gali sebuah area yang melingkar dengan lebar sekitar 0,9 m dan dengan kedalaman 15,2 cm.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 63
Tanam bibitnya. Tekan bibitnya ke dalam parit yang Anda gali dengan sisi yang terpotong berada di bawah, dengan jarak sekitar 30,5 cm antara masing-masing bibit.
Anda dapat membariskan mereka di sepanjang baris atau menanam mereka di sekitar parit yang melingkar, tergantung pada cara yang Anda gunakan.
Tutup bibitnya dengan tanah setebal 10,2 cm. Jangan menutupi parit sampai penuh; parit tersebut harus tetap lebih rendah daripada area di sekitarnya.
Metode 3 dari 4: Merawat Tanaman Kentang
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 71
Siram tanamannya. Jagalah agar mereka terairi dengan baik, tetapi tidak sampai terendam. Tanahnya harus selalu memiliki sedikit kelembaban.
Siram tanaman di pagi hari sehingga daun memiliki waktu untuk kering di bawah sinar matahari sebelum malam tiba. Kelembaban yang tersisa pada daun dapat menyebabkan penyakit.
Pastikan tanaman tersebut disiram dengan baik ketika sedang berbunga.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 82
Uruk kentang Anda. Setelah sekitar lima minggu, batang kentang akan tumbuh beberapa sentimeter di atas tanah. Buat "gundukan" dengan menguruk batangnya dengan tanah. Anda dapat menutupinya secara penuh atau membiarkan bagian paling atas batang tetap kelihatan. Kentang baru akan tumbuh di bawah gundukan tanah tersebut, di atas bibit kentang yang ditanam sebelumnya.
Jika Anda menanam kentang di dalam baris, "gundukan" Anda harus saling terhubung untuk membuat gundukan yang panjang. Jika Anda menanam kentang dalam satu gundukan yang melingkar, Anda harus membuat satu gundukan yang besar.
Ketika batangnya terus tumbuh, uruk kentang tersebut setiap 2 - 3 minggu. Setiap kali Anda menambahkan lapisan lain pada gundukan tersebut, lapisan kentang yang lain akan tumbuh di bawah permukaan tanah.
Metode 4 dari 4: Memanen Kentang
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 91
Panen kentang baru Anda. Kentang baru, yang merupakan kentang muda yang belum matang, dapat dipanen 2 - 3 minggu setelah tanaman mulai berbunga.
Gali dengan hati-hati di sisi gundukan kentang. Pilih kentang terbesar dan tinggalkan kentang yang kecil agar dapat terus tumbuh.
Ganti tanah yang ada di sisi gundukan kentang.
Terus lakukan ini sesering yang Anda inginkan ketika kentangnya tumbuh.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 102
Panen kentang matang. Tanaman kentang berhenti tumbuh ketika daunnya mulai menguning atau cokelat dan layu.
Hentikan penyiraman dan biarkan mereka kering di dalam tanah selama sekitar satu minggu.
Gali gundukannya dengan hati-hati, pastikan Anda tidak merusak kentangnya, dan tarik kentang yang matang ketika Anda menemukannya.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 113
Keringkan kentangnya. Kentang yang matang harus dikeringkan selama beberapa hari sebelum Anda menyimpannya. Ini akan memberi waktu kepada kentang untuk mengembangkan kulit yang keras yang akan melindungi mereka dari pembusukan selama berbulan-bulan.
Biarkan kentang yang baru dipanen terhampar di permukaan tanah untuk satu atau dua hari agar kering di bawah sinar matahari. Jangan mencucinya sebelum kering.
Jika terjadi hujan, keringkan kentang di dalam ruangan selama beberapa hari sebagai gantinya.
Gambar berjudul Grow Potatoes Step 124
Makan atau simpan kentangnya. Cuci kentang Anda dan simpan di tempat yang sejuk dan kering atau nikmati mereka dengan segera.
Tips
Jika Anda tidak memiliki ruang untuk berkebun, pertimbangkan untuk menanam kentang di dalam kantong plastik. Anda akan memperoleh hasil panen yang lebih kecil, tetapi kentangnya akan memiliki rasa yang sama baiknya.
Hal yang Anda Butuhkan
Bibit kentang
Tanah
Air
Kompos

Alat berkebun

Post a Comment

 
Pertanian Sukses © 2013. All Rights Reserved. Shared by sosothemes
Top